#skip to content | #skip to menu | #skip to footer

gerhana matahari



January 26, 2009 |




lagi males ngeblog and berpikir.. so hari ini ngebahas tentang gerhana matahari aja ya. hari ini, Senin 26 Januari 2009 Indonesia akan kebagian gerhana matahari cincin. saya jadi penasaran gimana sih gerhana matahari cincin itu? apa bentuknya seperti cincin ya?

Disebut Gerhana Matahari Cincin (GMC) karena bagian bola Matahari yang tampak dari Bumi layaknya piringan itu tidak seluruhnya tertutup oleh bayang-bayang Bulan. Bagian yang terlihat oleh kita yang di Bumi hanya sebagian kecil seperti sabit bulan tapi ini Matahari, ya seperti sabit matahari gitu.. Kali ini jenis gerhana yang terjadi adalah Gerhana Matahari Annulus, yaitu ketika peristiwa gerhana terjadi, hanya 92% permukaan matahari yang terlihat dari muka bumi yang tertutup bayangan bulan, sehingga daerah jalur gerhana tidak akan gelap total seperti halnya Gerhana Matahari Total.


Meski tidak total, namun dengan hanya 8% sinar yang dapat menembus permukaan bumi, maka suasananya akan terasa seperti di petang hari, ini mengingat hanya sebagian kecil saja sinar matahari yang menembus muka bumi di jalur gerhana. Masyarakat yang hendak melihat Gerhana tidak boleh langsung menatap matahari, karena dapat merusak penglihatan oleh karenanya harus menggunakan peralatan pengaman seperti kamera berfilter atau peralatan lainnya seperti film negatif beberapa lapis.


di berita TV swasta katanya, seluruh wilayah Indonesia bisa melihat gerhana tersebut. daritadi saya dirumah mengamati langit, kok ga ada tanda²nya ya?? yang ada langit semua. bahkan gerimis datang siang²..