#skip to content | #skip to menu | #skip to footer

menguap (ngantuk atau bosan?)



January 24, 2009 |



dosen : "jadi penghasilan tidak kena pajak ditambah bla bla bla.."
aia : "hoooooooooaamm..." *merem-melek*

kucing : "miawww.. miawww..." *minta makan*
aia : "sebentar ya sayang.. hoaaaaaaamm..."
teman : "aku sebel banget lihat dia itu seenaknya aja! blablabla..."

aia : "ya..ya.. hoaaaaaamm..." *trus ketiduran*

ga bisa dipungkiri lagi emang saya seringkali menguap.. ga dirumah, dikampus/sekolah, dikantor, diangkot, atau kadang klu lagi ditelpon temen! kenapa gitu yah? klu kata iklan sih klu pagi² sering menguap tandanya sarapan kita ga bergizi.

ahh.. sepertinya ga juga tuh! saya udah sarapan susu, roti, pancake (gaya banget yak sarapan saya) tapi ga ngaruh juga tuh! saya tetep aja nguap mlulu! yang lucunya lagi, kadang saya perhatikan menguap bisa menular. eitss.. bukan menular seperti 'penyakit' yaa... maksudnya kalau ada seseorang disebelah kita menguap, ga beberapa lama kemudian kita juga akan ikut menguap, atau bahkan menguapnya bersamaan. ga begitu percaya? saya percaya. karena saya sering bgt ngalaminnya. menurut Prof. Provine dari Maryland, AS, ketika orang menguap di depan kita, maka tubuh kita akan bereaksi, mengatur dirinya sehingga kita dipaksa untuk menguap.



menguap memang tindakan alamiah yang sudah lumrah bagi kita. mungkin saking lumrahnya, sampai sekarang orang masih belum tahu alasan tepat mengapa orang menguap.. memang orang mengaitkan kegiatan ini dengan rasa kantuk yang menyerang. tapi tidak setiap kita menguap terus tidur ‘kan? dan jangan mengolok-olok orang yang menguap. menurut penelitian, menguap penting untuk mengatur temperatur otak.. jika menguap, berarti otak kita sedang kepanasan. ada juga orang menguap karena bosan akan sesuatu hal yang dilakukannya.. mungkin karena hal tersebut terlalu monoton atau terlalu lama waktunya, contohnya saya pernah menguap dibioskop. pada waktu itu saya menonton film yg ga penting bgt.. (btw, knp ya saya bs milih film itu??) karena alur ceritanya agak 'ngawur', saya pun menguap berulang-ulang. sampai² pacar saya pengen ngajak saya pulang krn dia lihat saya nguap mlulu. hihiihii... :p

so, ga perlu malu kalau mau menguap! kalau mau nguap, nguap aja lebar² tapi jangan lupa ditutup pakai tangan donk! biar yang disebelah ga pingsan! :p~


HAPPY WEEKEND YAW!