#skip to content | #skip to menu | #skip to footer

Budaya



August 30, 2009 |



Budaya. Dalam hemat saya, budaya berarti identitas, ciri khas. Budaya bangsa berarti identitas bangsa, ciri khas bangsa. Budaya wujud dari historical suatu bangsa. Budaya juga bisa dikaitkan dengan budi dan akal manusia.

Indonesiaku, sudah berapa kali kita menelan ludah, menyaksikan sendiri budaya kita diakui sebagai budaya negara lain?

Marah? Sudah pasti kita harus marah! Marah berapi-api, menyumpah serapah, memaki, karena hati panas terbakar ulah negara tetangga itu. Tapi, apa artinya kalau hanya Cuma dibibir saja?

Tahukah kita? Semua ini tak luput dari salah kita. Si pemilik asli budaya. Ya, kita. Jangan hanya menyalahkan pemerintah ataupun menteri budaya, dan segala petinggi negara. Tidak, bukan hanya mereka, tapi kita semua juga seharusnya ikut andil. Kamu, remaja bangsa. Saya dan dia, penerus bangsa. Tidakkah selama ini kita sibuk dengan semua hal yang westernisasi? Tidakkah selama ini kita selalu bangga dengan apapun yang berbau luar negeri? Pergi keluar negeri? Menyanyikan lagu barat? Bergaya ala Amrik? Merk dan semuanya yang berciri khas Europa? Terus, ada berapa banyak sih yang mau belajar menari Bali, Jaipong, ataupun Tor-tor? Ada berapa banyak sih yang masih mau nyinden dan keroncongan?

Begitulah. Tak heran kalau budaya kita rentan. Saya juga menyadari kesalahan saya sebagai anak bangsa, yang kadang tanpa sadar lebih bangga memakai produk luar dari pada buatan negara sendiri.